Rabu, 17 Maret 2021

SOSIOLOGI KOMUNIKASI : Pengertian Sistem Komunikasi, Relasi Komunikasi antar Personal & Komunikasi Interpersonal

SISTEM KOMUNIKASI

BERKAITAN DENGAN PERALATAN CANGGIH
Merupakan peralatan yang digunakan dan mampu untuk menghubungkan seseorang dengan orang lain yang terpisah jarak dan waktu. Peralatan komunikasi ini dapat menyalurkan berbagai bentuk informasi seperti di bawah ini:
  • Informasi Audio : Penyampaian informasi berupa pesan suara.
  • Informasi Visual : Penyampaian informasi berupa pesan gambar atau video.  
  • Informasi Audio Visual : Penyampaian informasi berupa perpaduan atau gabungan pesan suara dan gambar.
  • Informasi Teks : Penyampaian informasi berupa pesan tulisan atau teks.

CONTOH PERALATAN KOMUNIKASI

  • TELEPON
Merupakan alat komunikasi modern yang digunakan untuk menyampaikan informasi berupa suara (audio). Dengan telepon, kita dapat melakukan percakapan secara real time atau waktu sebenarnya dengan jarak yang jauh.
  • MESIN FAKS/FAKSIMILE
Mesin faks atau faksimile adalah alat komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan cara melakukan scanning atau copy. Pengiriman tersebut melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya. Sampai saat ini, mesin faks masih banyak digunakan di kantor atau perusahaan untuk mengirimkan surat atau dokumen penting dalam waktu yang singkat.
  • RADIO
Radio merupakan alat komunikasi searah yang mampu menerima sinyal suara yang dipancarkan oleh pemancar radio melalui modulasi gelombang elektromagnetik. Dikatakan searah karena radio hanya mampu menerima pesan berupa suara saja dar modulasi merupakan proses penumpangan sinyal suara terhadap gelombang pembawa. Namun karena bersifat searah, sejatinya radio ini merupakan peralatan penyampaian informasi.
  • TELEVISI
Televisi merupakan media komunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran berupa audio visual. Kata televisi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu tele yang berarti jauh dan dari bahasa Latin visio yang berarti penglihatan. Televisi dapat diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang dapat menerima informasi berupa gambar yang dapat dilihat dan didengar. Namun karena bersifat searah, sejatinya televisi ini merupakan peralatan penyampaian informasi.
  • HANDPHONE
Handphone atau telepon seluler merupakan perangkat komunikasi yang canggih. Hal ini dikarenakan kemampuannya dalam menggabungkan beberapa alat comunikasi sekaligus, seperti telepon, pager, radio, televisi bahkan internet. Dengan kecanggihannya, ponsel menjadi alat komunikasi modern yang saat ini sudah digunakan oleh Sebagian besar masyarakat di dunia.
  • LAPTOP
Laptop merupakan sarana portable yang juga memiliki fungsi yang sama dengan handphone, bahkan lebih. Selain laptop kita juga mengenal Personal Computer (PC) yang awal kemunculannya merupakan hal yang menakjubkan dalam dunia teknologi informasi dan comunikasi. Namun seiring berkembangnya waktu, maka muncullah laptop ini dengan beragam kelebihannya.

SISTEM JARINGAN

1. STAND ALONE DAN NETWORKING 
Sistem jaringan digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputar sehingga dapat bertukar dan berbadi data. Sistem jaringan juga bertaku pada ponsel dengan memanfaatkan jaringan internet. 
  • Komputer atau perangkat yang hanva berdiri sendiri dan tidak terhubung dengan jaringan, disebut dengan istilah Stand Alone.
  • Komputer atau perangkat yanging dengan komputer lain melalui sebuah jaringan, disebut dengan istilah Networking.  
2. SERVER
Server merupakan sejumlah perangkat yang dapat digunakan sebagai penyedia perangkat lunak ataupun penyimpanan data. Di samping itu, fungsi senver juga untuk mengatur jalur komunikasi antara senver dengan komputer yang ada di dalam jaringannya.
 
3. CLIENT
Client merupakan komputer yang memiliki kemampuan untuk memproses data dan dapat meminta informasi atau data kepada server. Jenis komputer pada client umumnya sama dengan jenis personal komputer yang ada dipasaran.
 
4. ROUTER
Router merupakan perangkat yang digunakan dalam jaringan untuk mengirimkan data kepada jaringan lainnya melalui jalur yang lebih cepat, tepat dan efisien. Beberapa orang menyebut alat ini dengan nama router wifi.
 
5. MODEM
Modem merupakan kepanjangan dari Modulator Demodulator merupakan alat yang memungkinkan sistem komputer dapat terhubung dengan jaringan internet melalui komunikasi seluler.

RELASI

Merupakan upaya menjalin hubungan dengan-crang lain, baik itu klien, rekan kerja, bawahan maupun atasan sehingga sangat menentukan keberhasilan pimpinan dán organisasi yang dipimpin.

Fungsi komunikasi dalam organisasi :

  • Fungsi Informatif : Seluruh anggota organisasi berharap mendapatkan informasi yang lebilh banyak, lebih baik dan tepat waktu.
  • Fungi Regulatif : Berkuitan dengan peraturan-peraturan yang belaku pada suatu organisasi.
  • Fungi Persuasif : Melakukan persuasi dibandingkan perintah untuk hasil kerja dan komunikasi yang lebih baik.
  • Fungsi Integratif : Menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat melakulkan tugas dan pekerjaannya dengan baik.
Enam gaya komunikasi pimpinan :
  • The Contolling style
Gaya kemunikasi yang bersifat mengendalikan ini, ditandai dengan adanya satu kehendak atau maksud untuk membatasi, memaksa dan mengatur, perilaku. Pikiran dan tanggapan orong lain.
  • The Equolitarian style
Aspek penting gaya komunikasi ini ialah adanya landasan kesamaan. The equalitarian style of communication ini ditandai dengan berlakunya arus penyebaran pesan-pesan verbal secara lisan maupun tertulis yang bersifat dua arah.
  • The Structuring style
Gaya komunikasi yang berstruktur ini, memanfaatkan pesan-pesan verbal secara tertulis maupun lisan guna memantapkan perintah yang harus dilaksanakan, penjadwalan tugas dan pekerjaan serta struktur organisasi.
  • The Dynamic style
Gaya komunikasi yang dinamis ini memiliki kecenderungan agresif, karena pengirim pesan atau sender memahami bahwa lingkungan pekerjaannya berorientasi pada tindakan
  • The Relinguishing style
Gaya komunikasi ini lebih mencerminkan kesediaan untuk menerima saran, pendapat ataupun gagasan orang lain, daripada keinginan untuk memberi perintah, meskipun pengirim pesan (sender) mempunyai hak untuk memberi perintah dan mengontrol orang lain.
  • The Withdrawal styie
Akibat yang muncul jika gaya ini digunakan adalah melemahnya tindak komunikasi, artinya tidak ada keinginan dari orang-orang yang memakai gaya ini untuk berkomunikasi dengan orang lain, karena ada beberapa persoalan ataupun kesulitan antarpribadi yang dihadapi oleh orang-orang tersebut.

BENTUK KOMUNIKASI ANTARPERSONAL

  1. Inescapable : Komunikasi antarpersonal tidak dapat dihindari.
  2. Irreversible : Komunikasi antarpersonal tidak dapat ditarik kembali.
  3. Complicated : Komunikasi antarpersonal itu rumit hal ini karena melibatkan diri seseorang yang harus dipersepsi baik oleh diri sendiri maupun oleh orang lain dan sebaliknya.
  4. Contextual : Komunikasi antarpersonal kontekstual seperti konteks psikologi, budaya, lingkungan dan konteks hubungan.

MITOS KOMUNIKASI ANTARPERSONAL

  • Komunikasi Antar personal = Informasi 
  • Komunikasi Antar personal itu Nonverbal
  • Makna ada dalam kata, semakin banyak kata semakin jelas
  • Komunikasi Antar personal Seolah Fokus pada Fakta
  • Komunikasi Antar personal Ibarat "Sugar Coat Bad News"
  • Komunikasi Antar personal mudah karena terjadi sepanjang masa
  • Komunikasi Antar personal sinonim dengan relasi Antarpersonal

TUJUAN KOMUNIKASI ANTARPERSONAL

Menurut Griffin 2010; Allan 1984; Robbins 2009; Spitzberg 1984 : 
  1. Saya ingin dimengerti orang lain.
  2. Saya dapat mengerti orang lain.
  3. Saya ingin diterima orang lain.
  4. Agar saya dan orang lain bersama-sama memperoleh sesuatu yang harus dikerjakan bersama.
Agar komunikasi antar personal efektif. Ini yang harus dilakukan seseorang waktu berkomunikasi antar pribadi menurut Joseph DeVito :
  • Prositiviness/ Berpikir Positif
  • Openness / Keterbukaan
  • Supportivenerss / Dukungan 
  • Equality / Kesetaraan
  • Emphaty / Empati

KOMUNIKASI INTRAPERSONAL

Komunikasi Intrapersonal (diri sendiri) adalah penggunaan bahasa dan pikiran yang terjadi didalam diri komunikator sendiri. Dalam komunikasi ini, posisi seorang individu menjadi pengirim (komunikator) sekaligus penerima pesan (komunikan) yang memberikan feedback pada dirinya sendiri. 

Unsur-Unsur Komunikasi Intrapersonal

  • Sensasi : tahap awal penerimaan pesan atau informasi yang diterima oleh alat indera manusia.
  • Persepsi : proses pemberian makna terhadap informasi yang ditangkap oleh sensasi. Pemberian makna ini melibatkan unsur subjektif.
  • Memori : proses penyimpanan informasi dan evaluasinya dalam kognitif individu. Kemudian informasi dan evaluasi tersebut dikeluarkan atau diingat kembali pada suatu saat, baik sadar maupun tidak sadar.
  • Berpikir :proses mengolah, memanipulasi informasi untuk memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan masalah. Proses ini meliputi pengambilan masalah dan berpikir kreatif.
Contoh Komunikasi Intrapersonal seperti; berdoa, membayangkan sesuatu yang diinginkan (berkhayal), intropeksi diri, dan mencari jati diti.
 
CIRI – CIRI KOMUNIKASI INTERPERSONAL
  • Dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Menggunakan media tertentu (telepon, handphone, dll).
  • Bahasa yang digunakan formal maupun informal.
  • Bersifat dialogis.

TUJUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL

  • Menyampaikan informasi.  
  • Berbagi pengalaman.
  • Melakukan kerjasama.
  • Menumbuhkan motivasi.
  • Sebagai sarana pembelajaran.
  • Membentuk hubungan dengan yang lain.   
  • Mengenal diri sendiri dengan orang lain.   
  • Menceritakan kekecewaan atau kekesalan.
  • Mengetahui dunia luar.
  • Mengubah sikap dan perilaku.
Contoh Komunikasi Interpersonal yaitu; wawancara, berdiskusi, rapat, kerja kelompok, dan kegiatan jual beli.

KEGIATAN DAN PERAN MEDIA RELATIONS

Kegiatan yang dilakukan oleh Public Relation :
  1. Press Conference dilakukan untuk mengklarifikasi atau memberikan informasi kepada pers.
  2. Press Briefing dilakukan oleh para pejabat - pejabat perusahaan untuk memberikan informasi kepada jurnalis.
  3. Press Tour dilakukan para jurnalis datang keperusahaan tersebut kemudian diajak berkeliling untuk memberikan informasi.
  4. Press Release dimana seorang public relation harus bisa pintar - pintar membuat release.
  5. Press Luncheon dilakukan untuk membuat connection antara pemilik perusahaan dan pers.
  6. Press Interview dilakukan oleh pejabat untuk dilakukannya wawancara untuk memperkenalkan kepada khalayak siapa - siapa saja orang - orang hebat dibalik susksesnya perusahaan tersebut.

·


Tidak ada komentar:

Pendidikan Vokasi di LKP Amaliya bekerjasama dengan Kemendikbud RI Tahun 2021

(Foto bersama Kasi Dikmas dan Kabid Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Blora. || Oleh : Dea Irma Nurlina ) (Foto bersama Penutupan. || ...