Rabu, 17 Maret 2021

Sosiologi Komunikasi : Komunikasi Massa dan Relasi Masa Melalui Media Massa

 

 

DEFINISI KOMUNIKASI MASSA

Komunikasi massa dapat didefinisikan dengan memusatkan perhatian pada lima variable yang terkandung dalam setiap tindak komunukasi dan memperhatikan bagaimana variabel-variabel bekerja pada media massa. 

5 Variabe itu, antara lain : 

  1. Sumber : mengeluarkan biaya besar untuk menyusun dan mengirimkan pesan.
  2. Khalayak : ditunjukkan kepada massa.
  3. Pesan : pesan komunikasi massa bersifat umum, maka pesan harus diketahui setiap orang.
  4. Proses : Proses satu-arah yaitu proses mengalirnya pesan dan proses dua-arah yaitu proses seleksi.
  5. Konteks : Berlangsung dalam suatu konteks sosial.

Dapat disimpulkan, komunikasi massa adalah komunikasi yang menggunakan media massa dalam penyampaian informasi yang ditunjukkan kepada orang banyak dan diterima secara serentak.

BENTUK - BENTUK KOMUNIKASI MASSA 

  • Televisi

Saat ini, bisa dikatakan bahwa televisi menjadi media komunikasi massa paling populer. Karena, televisi bersifat audio visual,dapat didengar dan juga dapat dilihat. Televisi dijejali hiburan, berita, dan iklan. Fungsi televisi yaitu memberikan informasi, menghibur, dan memujuk.

  • Radio

Merupakan sistem komunikasi massa yang dominan sebelum munculnya televisi. 

  • Surat Kabar

Surat Kabar merupakan salah satu media massa yang berperan penting dalam pendistribusian informasi kepada masyarakat. Menurut Agree, surat kabar memiliki 2 fungsi yaitu fungsi utama dan fungsi sekunder.

Fungsi Utama :

  1. To Inform : Untuk menyiarkan infomasi kepada pembaca tentang apa yang terjadi.
  2. To Comment : Untuk mengomentari berita dan dikembangkan ke dalam fokus berita.
  3. To Provide : Untuk menyediakan infomasi kepada pembaca yang membutuhkan barang dan jasa melalui pemasangan media iklan.

Fungsi Sekunder :

  1. Untuk mengkampanyekan proyek-proyek yang bersifat kemasyarakatan.
  2. Memberikan hiburan kepada pembaca dengan sajian cerita komi, kartun, dan cerita-cerita khusus.
  3. Melayani pembaca sebagai konselor yang ramah,menjadi agen informasi.
  • Majalah 

Fungsi majalah mengacu pada sasaran khalayak yang spesifik.

  • Film

Televisi dan film telah mengembangkan hubungan dimana yang satu membantu yang lain.

  • Buku

Buku bersifat menghibur dan juga mendidik.

  • Piringan hitam, kaset, dan Compact Dist

Sebuah benda yang biasa digunakan oleh orang terdahulu, untuk menyimpan rekaman suara agar bisa diputar kembali menggunakan alat Gramofon.

Fungsi Komunikasi Massa :

  1. Menghibur
  2. Meyakinkan
  3. Menginformasikan
  4. Menganugerahkan status
  5. Membius
  6. Menciptakan rasa kebersatuan
  7. Mengavaluasi fungsi media

KARAKTERISTIK ELEMEN KOMUNIKASI MASSA

  • Terlembaga

Komunikator adalah organisasi, sehingga pesan bukan milik individu tapi organisasi. Dalam berkomunikasi individu-individu itu terbatasi perannya dengan sistem dalam media massa.

  • Terencana

Komunikator melakukan proses komunikasi secara terencana, terjadwal dan terorganisir (tidak bersifat temporer)

  • Dualitas Media Massa

Komunikator memiliki dualitas kepentingan; ekonomi dan sosial

  • Gatekeeper atau yang sering disebut penapis informasi/palang pintu/penjaga gawang, adalah orang yang sangat berperan dalam penyebaran informasi melalui media massa.

Gatekeeper berfungsi sebagai orang yang ikut menambah atau mengurangi, menyederhanakan, mengemas agar semua informasi yang disebarkan lebih mudah dipahami. Contoh: editor film/suratkabar/buku, kepala pemberitaan, pengasuh rubrik, kameraman, sutradara dan lembaga sensor film

  • Media

Media massa sebagai alat utama dalam menyampaikan pesan kepada khalayak sangat membutuhkan bantuan peralatan teknis. menyebarkan atau memancarkan pesan secara cepat kepada khalayak yang luas dan tersebar. Misalnya; semua media elektronik membutuhkan stasiun pemancar atau relay

  • Audience

Sifat = heterogen dan anonim

  • Feedback

Dalam media massa (cetak elektronik) komunikasi berjalan satu arah. Kita tidak bisa langsung memberikan respons kepada komunikatornya (media massa yang bersangkutan). Kalaupun bisa sifatnya tertunda (misalnya, mengirimkan respon/jawaban melalui surat pembaca. Contoh: Pesan yang disampaikan lewat media cetak

Dalam perkembangannya, media massa kini merambah ke dunia digital. Media masa mulai menggunakan website, membuat akun di media sosial dan lainnya..

adakah karakteristik dari komunikasi massa yang tidak berlaku pada media massa di website/media sosial?

PROSES KOMUNIKASI MASSA

Effendy (1994) membedakan proses komunikasi menjadi dua tahap, yaitu: 

  • Proses komunikasi secara primer 

Merupakan proses komunikasi dimana proses penyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang (symbol) sebagai media. Simbol yang bersifat verbal maupun non verbal yang digunakan dapat menerjemahkan pikiran dan atau perasaan komunikator kepada komunikan. Proses komunikasi sekunder 

  • Proses komunikasi secara sekunder   
adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama. Media yang digunakan dapat berupa surat, telpon, bahkan yang ditujukan untuk komunikan yang bersifat massive, seperti televisi, atau radio. Dari uraian dia atas, jelas jika komunikasi massa pada dasarnya juga merupakan proses penyampaian pesan, namun media yang yang digunakan bersifat massal atau bisa dikatakan mass oriented. Massa sendiri bisa diartikan sebagai “orang banyak” atau “sekumpulan orang” –kelompok, kerumunan, publik.Sedang yang dimaksud media disini adalah alat yang dapat digunakan untuk mencapai massa (sejumlah orang yang tidak terbatas).




Tidak ada komentar:

Pendidikan Vokasi di LKP Amaliya bekerjasama dengan Kemendikbud RI Tahun 2021

(Foto bersama Kasi Dikmas dan Kabid Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Blora. || Oleh : Dea Irma Nurlina ) (Foto bersama Penutupan. || ...